Menyikapi Perkembangan Fisik Laki-Laki dan Perempuan Masa Pubertas, Ini yang Harus Dilakukan!

Menyikapi Perkembangan Fisik Laki-Laki dan Perempuan Masa Pubertas, Ini yang Harus Dilakukan!

Masa pubertas adalah pertanda bahwa kamu mulai beranjak dewasa. Di fase ini, kamu akan mengalami perkembangan fisik laki-laki dan perempuan yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Pada fase ini pula terjadi growth spurt atau puncak pertumbuhan yang juga menjadi masa pertumbuhan kedua tercepat setelah masa ketika kamu masih bayi.

Namun tak perlu khawatir ketika kamu melewati masa transisi ini, karena masa puber merupakan perubahan alami yang pasti akan dirasakan oleh setiap orang. Berikut ini cara tepat menyikapi masa pubertas!

1.         Memperhatikan Kebersihan Badan

Ketika memasuki masa pubertas, tubuhmu akan mengeluarkan keringat lebih banyak terlebih di area ketiak yang menghasilkan bau badan. Tak perlu malu, karena hal ini normal terjadi.

Untuk menyikapi bau badan, kamu perlu lebih memperhatikan kebersihan badan dengan mandi setiap hari serta mengenakan pakaian bersih. Kamu juga dapat menggunakan deodoran agar ketiakmu lebih bersih dan segar.

2.         Mengenakan Pakaian Longgar

Tubuhmu juga akan mengalami perkembangan di masa pubertas, seperti tinggi badan yang akan bertambah serta berat badan yang naik turun. Karena itulah, bentuk tubuhmu juga akan mengalami perubahan.

Jika kamu merasa canggung dengan perubahan bentuk tubuhmu, kamu dapat mengakalinya dengan mengenakan pakaian yang lebih longgar. Jika pakaianmu terasa sempit, kamu bisa meminta orangtua untuk membelikanmu pakaian baru.

3.         Merawat Jerawat

Salah satu perkembangan fisik laki-laki dan perempuan di masa pubertas adalah timbulnya jerawat karena hormon yang berubah. Tak hanya itu, kulitmu juga terasa lebih berminyak dan lebih kering dari sebelumnya. Kamu bisa mencuci muka dengan sabun muka yang cocok dengan kulitmu sebanyak dua kali sehari.

Untuk masalah jerawat, kamu dapat mengobatinya dengan obat jerawat yang aman dan dijual bebas di apotek. Jika kamu ragu atau memiliki masalah jerawat serius, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit atau dermatolog terlebih dahulu.

4.         Membeli Pakaian Dalam

Untuk anak perempuan yang sedang melalui masa pubertas, payudaramu juga mulai tumbuh dan berkembang. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan pakaian dalam seperti miniset atau bra.

Jika kamu malu, kamu bisa mengajak ibu atau wanita dewasa lain untuk membelinya. Tak perlu merasa khawatir jika satu payudaramu berkembang lebih cepat dari sisi satunya, karena hal itu normal terjadi.

Bagaimana Jika Masa Puberku Terlambat?

Terdapat beberapa kasus dimana anak belum mengalami masa puber ketika usianya sudah menginjak usia pubertas. Kondisi tersebut kerap disebut dengan late puberty.

Ciri-ciri pubertas yang terlambat adalah ukuran penis yang belum meningkat ketika usia sudah menginjak 14 tahun. Sedangkan untuk anak perempuan, belum terlihat perkembangan payudara di usia 13 tahun. Apabila kamu mengalami hal tersebut, tak perlu khawatir karena kondisi ini bukan termasuk kondisi serius dan dapat dirawat dengan terapi hormon. Namun ada baiknya kamu juga membicarakan hal ini dengan orangtua, sehingga orangtua dapat membuat janji temu dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Itulah hal-hal yang dapat kamu lakukan dalam menyikapi perkembangan fisik laki-laki dan perempuan. Semoga bermanfaat!