Kolaborasi Nestlé dengan Petani dalam Pembangunan Pedesaan

Kolaborasi Nestlé dengan Petani dalam Pembangunan Pedesaan

Tidak puas merajai produk kesehatan dan nutrisi, Nestlé melakukan gebrakan yang cukup brilian dengan melibatkan para petani lokal dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini tampak dari program CSV atau Creating Shared Value yang bertujuan untuk berbagi manfaat dengan orang banyak. Salah satu wujud realisasi program itu adalah pembangunan pedesaan dan pengembangan pertanian.

Sekilas Tentang Program Creating Shared Value

Creating Shared Value atau menciptakan manfaat bersama adalah konsep dari program ini. Nestlé meyakini bahwa sebuah perusahaan berskala global pun tidak hanya wajib beroperasi secara bertanggung jawab, namun juga harus memberikan manfaat jangka panjang untuk masyarakat. Dari pendekatan itulah, program Creating Shared Value diciptakan.

Ada tiga hal yang ingin ditekankan di program Creating Shared Value ini. Yang pertama adalah di bidang gizi dan kesehatan melalui edukasi tentang pentingnya gaya hidup sehat dan menjaga asupan gizi. Selanjutnya adalah di bidang air dan lingkungan hidup. Dan terakhir adalah yang paling menarik, yakni pembangunan pedesaan dan pengembangan pertanian.

Program Pembangunan Pedesaan dan Pengembangan Pertanian

Sebagai salah satu wujud dari pendekatan program Creating Shared Value, Nestlé sudah membantu banyak petani untuk menjadi pemasok yang baik dengan kesejahteraan yang juga lebih baik. Kerja sama ini tentu memberikan dampak positif jangka panjang terhadap produktivitas pertanian, pembangunan ekonomi, ketahanan pangan, dan yang paling penting adalah meningkatkan kualitas hidup para petani.

Peternak susu dan petani kopi adalah dua pemasok yang saat ini paling penting karena dari mereka Nestlé bisa selalu mendapatkan bahan baku berkualitas baik untuk menciptakan produk-produk berkualitas yang dinikmati masyarakat luas saat ini. Adanya bimbingan yang dilakukan terus menerus adalah salah satu faktor yang mempengaruhi dalam hal ini.

Oleh karena itu, Nestlé tidak henti-hentinya untuk terus melakukan pelatihan dan bimbingan kepada para petani untuk memastikan mutu hasil pertanian bisa berada di kualitas terbaik. Tak hanya masalah teknis, faktor nonteknis seperti pola pikir juga ditanamkan kepada para petani mengingat mereka sedang turut menjalankan industri yang besar.

Salah satu pola pikir atau sikap yang selalu ditanamkan adalah sikap profesionalisme yang harus dimiliki oleh setiap petani yang terlibat. Hal ini akan membuat kualitas mereka menjadi lebih baik dan hasil produksi bisa dipercaya. Dengan begitu, program ini juga akan meningkatkan taraf hidup para petani dan menjadikan kerja sama yang baik antara petani dan perusahaan.

Dari program Creating Shared Value ini sepertinya memberikan pandangan yang baru dalam dunia perindustrian, terutama yang sudah berskala besar. Selain memberikan produk-produk berkualitas, sebuah perusahaan juga perlu berbagi manfaat dengan banyak orang, salah satu contohnya adalah melakukan kolaborasi seperti apa yang dilakukan oleh Nestlé.