Inilah 4 Manfaat Melakukan Olahraga Secara Rutin Bagi Anak Anak

Inilah 4 Manfaat Melakukan Olahraga Secara Rutin Bagi Anak Anak

Siapa bilang olahraga hanya penting untuk orang dewasa saja? Faktanya, WHO memberikan rekomendasi untuk anak usia 5 sampai dengan 17 tahun untuk melakukan olahraga paling tidak 60 menit per hari. Hal itu tentu karena ada manfaat olahraga bagi anak anak yang dapat diperoleh. Penelitian mengatakan bahwa dengan melakukan olahraga sejak dini dapat membuat tubuh sehat berkali-kali lipat.

Terdapat banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh anak ketika rajin melakukan olahraga sejak kecil. Apa sajakah manfaat tersebut? Langsung saja Anda simak informasi tentang manfaat rajin olahraga untuk anak-anak berikut ini.

Manfaat Olahraga untuk Anak

  1. Menurunkan Risiko Obesitas

Anak yang rajin melakukan olahraga rutin memiliki risiko terkena obesitas atau kelebihan berat badan lebih rendah dibandingkan yang tidak melakukannya. Melakukan olahraga paling tidak seminggu tiga kali dapat menurunkan risiko anak mengalami obesitas sampai dengan 31%. Apalagi jika ditambah dengan pengaturan pola makan yang baik, maka risiko obesitas pada anak dapat semakin berkurang lagi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Banyak penelitian mengatakan bahwa anak yang rajin berolahraga secara rutin dapat memiliki kepadatan tulang lebih baik dibandingkan yang tidak berolahraga secara rutin. Apalagi jika olahraga dilakukan sebelum anak memasuki usia pubertas, maka anak dapat terhindar dari terkena osteoporosis di masa yang akan datang.

Untuk mendapatkan kepadatan tulang yang baik, ada beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh si kecil sejak dini. Olahraga tersebut antara lain adalah olahraga melompat, skipping, dan juga olahraga lompat tali.

  1. Kesehatan Jantung Jadi Optimal

Banyak orang berpendapat bahwa jenis olahraga aerobik hanya dilakukan oleh orang dewasa saja. Padahal, jenis olahraga tersebut sebenarnya juga baik untuk anak Anda. Jenis olahraga ini dapat membuat kinerja jantung anak menjadi sehat dan optimal. Ketika melakukan olahraga aerobik, denyut jantung akan meningkat sehingga pasokan oksigen ke seluruh sel dalam tubuh menjadi lebih lancar dan merata.

Anak yang sejak kecil telah terbiasa berolahraga aerobik terbukti dapat mencegah anak terkena penyakit jantung koroner pada waktu yang akan datang. Olahraga aerobik yang bisa anak-anak lakukan antara lain adalah lari, bersepeda, sepak bola, berenang, dan lain sebagainya.

  1. Kekuatan Otot dan Sistem Koordinasi Meningkat

Berolahraga sejak kecil untuk anak tujuannya bukan untuk membentuk otot layaknya seorang binaragawan. Namun, dengan berolahraga anak dapat memiliki kekuatan otot yang baik. Kekuatan tersebut nantinya dapat menunjang kemampuan motorik halus dan juga motorik kasar si anak.

Selain hal tersebut, sistem koordinasi anak juga perlu sering dilatih. Hal itu karena sistem koordinasi yang baik dapat menyelaraskan hubungan antara otot di tubuh dengan otak. Dengan begitu, si kecil akan memiliki kekuatan kognitif yang lebih optimal.

Itu tadi beberapa manfaat olahraga bagi anak-anak yang dapat dirasakan. Mungkin, manfaat tersebut tidak dapat terlihat dalam waktu yang singkat. Namun, hal itu pasti akan sangat berguna di masa yang akan datang di saat si kecil semakin tumbuh dan berkembang. Untuk memaksimalkan manfaat olahraga tersebut, Anda dapat berikan minuman Milo yang penuh nutrisi. Dapatkan info lengkap tentang susu milo hanya di milo.co.id.