Asuransi adalah hal penting! Perbanyak pengetahuan asuransi dengan 5 Hal ini!

Asuransi adalah hal penting

Diversity Casual People Insurance Policy Meeting Concept

Asuransi adalah sesuatu yang memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Asuransi bisa menjadi penyelamat saat kita terjebak dalam keadaan darurat. Berbagai jenis asuransi bisa memproteksi kehidupan kita kini dan masa mendatang.

Lantas apa jenis asuransi yang mesti dibeli? Semua bergantung pada kebutuhan dan kondisi keuangan masing-masing, karena itu wajib memperhatikan beberapa hal sebelum mengajukan asuransi agar tak menyesal dikemudian hari.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Asuransi

  1. Memahami Detail Asuransi

Berbagai jenis asuransi bisa menawarkan lebih dari satu penawaran asuransi. Asuransi jiwa dan kesehatan misalnya dibagi menjadi beberapa kelas, sementara asuransi kendaraan biasa memberikan penawaran dua produk seperti All Risk dan Total Loss Only (TLO). Semua produk ini memiliki manfaat masing-masing.

Beberapa hal yang mesti dipelajari adalah, jumlah premi, jangka waktu minimum pembayaran, pertanggungan dan cara klaimnya. Jika merasa ada yang tidak cocok jangan ragu untuk membatalkan.

  1. Memahami Kebutuhan Keluarga

Sebagai kepala keluarga, sebenarnya wajib diproteksi dengan asuransi jiwa. Sehingga ketika terjadi hal-hal tidak terduga seperti meninggal, ada sejumlah warisan yang bisa diberikan kepada ahli waris.

Terdapat pula asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan terbaik karena  bisa digunakan untuk pengobatan rawat inap dan rawat jalan setelah enam bulan masa cicilan. Selain itu, ada pula asuransi pendidikan yang bisa menanggung biaya pendidikan anak di masa depan.

  1. Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Ada banyak perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia. Namun akan selalu ada yang bisa jadi cocok dengan kebutuhan. Misalnya premi kecil atau pertanggungan yang besar. Disamping itu, juga harus memperhatikan kredibilitas perusahaan asuransi dengan cara membaca review online atau meminta bantuan kepada konsultan keuangan.

  1. Keuntungan Jangka Panjang

Menentukan premi yang harus dibayarkan, menghitungnya, kemudian membandingkan dengan uang pertanggungan yang bakal didapat adalah salah satu bentuk menakar keuntungan jangka panjang. Premi asuransi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh pada waktu tertentu berdasarkan Polis asuransi yang disepakati.

  1. Pahami Faktor Resiko

Sebelum menentukan pilihan sebaiknya pahami dulu berbagai faktor resikonya, seperti dana yang tidak bisa dicairkan. Misalnya, membeli asuransi mobil untuk jangka satu tahun sebesar Rp 5 juta. Ternyata dalam satu tahun tersebut, mobil baik-baik saja sehingga uang asuransi yang telah dibayarkan menjadi milik perusahaan asuransi.

Itulah beberapa hal yang wajib perhatikan sebelum membeli produk asuransi karena asuransi merupakan suatu hal yang wajib pertimbangkan kedepannya.