6 Cara menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

6 Cara menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat adalah hal yang wajar dialami bayi. Biasanya kondisi ini akan ditandai dengan munculnya ruam atau bintik kemerahan pada kulit. Salah satu penyebab biang keringat pada bayi adalah penyumbatan kelenjar keringat yang ada di kulit karena kotoran atau sel kulit mati yang terjebak. Lalu, bagaimana cara menghilangkan biang keringat pada bayi?

Cara untuk Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi

  1. Menggunakan pakaian yang nyaman

Ketika cuaca sedang panas, akan lebih baik jika anak menggunakan pakaian yang tipis dan nyaman. Ibu dapat memilihkan pakaian dengan bahan yang bisa menyerap keringat seperti katun. Ketika pakaian mulai basah terkena keringat, maka segera ganti pakaiannya. Hindari menggunakan pakaian dengan bahan baju yang panas seperti satin atau wol.

  1. Memberikan banyak ASI

ASI memang sumber gizi yang paling utama untuk bayi. Selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, pemberian ASI juga bisa membantu mengatasi biang keringat. Suhu yang panas dan lembap akan membuat bayi berkeringat dan menyebabkan biang keringat. Pada kondisi itu, bayi kemungkinan akan mengalami dehidrasi. Untuk mengantisipasinya, pastikan bahwa bayi mengonsumsi banyak ASI.

  1. Menjaga kebersihan bayi

Kebersihan adalah kunci dari pencegahan berbagai penyakit, salah satunya adalah biang keringat. Masalah biang keringat ini dapat membuat anak menjadi rewel. Langkah yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan bayi dan juga memotong kukunya. Akan lebih baik jika bayi dipakaikan sarung tangan agar tidak bisa melukai kulitnya sendiri.

  1. Mandi air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat juga bisa membantu untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Akan tetapi, orang tua juga harus memperhatikan suhunya. Jangan sampai air yang digunakan terlalu panas karena hal tersebut bisa memicu keringat keluar. Atur suhu supaya bayi bisa mandi dengan nyaman. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian lipatan kulit.

  1. Hindari lotion dan krim bayi

Dengan menggunakan lotion atau krim bayi, besar kemungkinan pori-pori bayi akan semakin tersumbat dan hal ini dapat memicu munculnya biang keringat. Jadi, jika tidak benar-benar diperlukan, sebaiknya hindari penggunaan krim bayi tersebut. Ketika biang keringat muncul, langkah paling efektif adalah membiarkan kulitnya terpapar udara.

  1. Menghindari udara panas

Sangat penting untuk memperhatikan sirkulasi udara di rumah, khususnya di ruang bayi. Pastikan bahwa sirkulasi udara tersebut baik. Jangan menepatkan bayi di ruangan yang panas atau lembap karena hal ini akan memicu anak untuk lebih sering berkeringat. Jika bayi berkeringat, lap menggunakan tisu atau handuk yang lembut supaya biang keringat tak bertambah parah.

Dengan cara-cara di atas, biang keringat pada bayi bisa diatasi atau dicegah. Akan tetapi, jika selama menggunakan cara tersebut tidak ada perkembangan yang signifikan atau malah bertambah parah, segera konsultasi ke dokter karena mungkin ada faktor-faktor lain yang turut berpengaruh. Dengan begitu, dokter akan melakukan penanganan.